Rabu, 28 Januari 2015

Analisa Nitrogen (Amonia Dan Nitrit)

Nitrogen di perairan terdapat dalam bentuk gas N2, NO2, NO3, dan NH4 serta sejumlah N yang berikatan dalam kompleks organik (Haryadi, 2003). Sumber Nitrogen terbesar berasal dari udara, sekitar 80% dalam bentuk nitrogen bebas yang masuk melalui sistem fiksasi biologis dalam kondisi aerobik. Menurut Chester (1990), keberadaan nitrogen diperairan dapat berupa nitrogen organik dan anorganik. Nitrogen anorganik terdiri atas ion Nitrit, Ion Nitrat dan Amonia dan molekul N2 yang larut dalam air, sedangkan nitrogen organik berupa protein dan urea akan mengendap dalam air.

1. Amonia
Amonia adalah senyawa kimia berupa gas dengan bau tajam yang khas. sumber amonia ada pada wadah budidaya berasal dari metabolisme ikan dan sisa pakan yang tidak di makan. amoniak yang tidak teionisasi NH3 dan amoniak yang terionisasi NH4. Jumlah Total kedua bentuk amonia ini disebut dengan Total Amonia Nitrogen atau TAN (ebeling at al 2006). keberadaan amonia di perairan sangat dihindari karena bersifat toksik. Stickey ( 2005) menyatakan bahwa amoniak dalam media budidaya harus lebih rendah dari 0,8 mg/l

2. Nitrit
Nitrit merukakan hasil metablolisme dari siklus nitrogen. Bentuk pertengahan dari nitrifikasi dan dinitrifikasi.nitrit adalah komponen yang mengandung nitrogen yan berikatan dengan 2 atom oksigen. kandungan nitit yang tinggi dapat mengganggu pengikatan O2 oleh hemoglobin darah, yang selanjutnya akan membentuk met-hemoglobin yang tidak mampu menikat oksigen (effendy, 2003).


alat ukur bisa HI Photometer

HI Photometer ( Alat untuk mengukur kandungan tingkat Chlorine, Hydrazine, Nitrite, tingkat Color/ Warna, Molybdenum, Ammonia, Cyanide, Cyanuric Acid, Nickel, Manganese, Chromium VI, Potassium dalam air dan air limbah).


atau dengan cairan kimia

tetra tes berisi cairan kimia yang akan merubah warna sample dan makin pekat warnanya maka makin tinggi amonia yang terkandung dalam sample.





0 komentar:

Posting Komentar

sealkazzsoftware.blogspot.com resepkuekeringku.com