Minggu, 08 Februari 2015

Penentuan Kadar Asam Askorbat Dari Vitamin C Dengan Menggunakan Metode Iodimetri


Asam Askorbat merupakan sekelompok Senyawa organik Kompleks Yang Dibutuhkan Tubuh Diposkan hearts Jangka Waktu Kecil Yang berguna UNTUK memelihara kesehatan ATAU Menambah Daya tahan Tubuh. KARENA sifatnya Yang menguntungkan Bagi kesehatan, Makan Kebutuhan Manusia akan vitamin C Semakin MENINGKAT. PADA Percobaan inisial dilakukan penentuan kadar vitamin C, sampel Yang digunakan Adalah Vitacimin dengan menggunakan metoda titrasi iodimetri. 

Prinsipnya Bahan pereduksi Langsung dioksidasi DENGAN Larutan baku Iodium. Dari hasil temuan Percobaan didapatkan kadar vitamin C Yang terkandung hearts Vitacimin sebanyak 0,00311% ATAU 3,11 mgram / 100 gram.

Iodimetri
Adalah oksidasi kuantitatif Dari Senyawa pereduksi dengan menggunakan iodium. Iodimetri inisial terdiri Dari 2, Yaitu :

1. metoda Langsung
Bahan pereduksi Langsung dioksidasi DENGAN Larutan baku Iodium. Contohnya pada Penetapan kadar Asam askorbat. 
2. Metode sisa (Titrasi balik)
Bahan pereduksi dioksidasi dengan Larutan baku iodium hearts Jangka Waktu berlebih, Dan Kelebihan iod akan dititrasi dengan Larutan baku natrium tiosulfat. Contohnya pada Penetapan kadar Natrium bisulfit (Rahma GM, 2010).

Vitamin C merupakan sekelompok Senyawa organik Kompleks Yang Dibutuhkan Tubuh Diposkan hearts Jangka Waktu Kecil Yang berguna UNTUK memelihara kesehatan ATAU Menambah Daya tahan Tubuh (Ester, 2011).

Kelarutan iodida Adalah Serupa DENGAN klorida Dan bromida. Perak, merkurium (1), merkurium (II), tembaga (I), Dan timbel iodida Adalah garam- garamnya Yang memucat sedikit Larut. Reaksi-Reaksi Suami DAPAT dipelajari DENGAN Larutan kalium iodida KI 0,1 N. 
(G.Svehla, 1987: 350).

Substansi-substansi Penting Yang Cukup KUAT Astra Honda Motor sebagai Unsur-unsur reduksi UNTUK dititrasi langsung 'DENGAN iodin Adalah tiosulfat, arsen (III), antimon (III), sulfida, sulfit, timah (II), Dan ferosianida. Kekuatan reduksi Yang dimiliki Diposkan beberapa substansi Dari Suami tergantung pãda konsentrasi ion hidrogen, Dan Reaksi dengan iodin baru dapat dianalisis Beroperasi kuantitatif Hanya Bila kitd melakukan penyesuaian pH Yang repot (Underwood 2002:. 296).

Iodin Hanya Larut sedikit hearts udara (0,00134 mol / liter pãda 25◦C) namun Larut Dalam Larutan  - Larutan Yang mengandung iodida ion. Iodin ebentuk Kompleks triiodida dngan iodida. 

                                               I2 + I-→ i3-

Mencari Google Artikel konstanta kesetibangan Sekitar 710 pãda 25◦C. Suatu Kelebihan kalium iodida ditambahkan UNTUK meningkatkan kelarutan Dan UNTUK Menurunkan keatsirian iodin. Biasanya Sekitar 3 Sampai 4% Berat KI ditambahkan kedalam Larutan 0,1 N dan botol Yang mengandung Larutan Suami disumbat DENGAN Baik (Underwood 2002:. 296).

Sumber Reverensi

Day & Underwood . 2001 . Analisis Kimia Kunatitatif Edisi Keenam. Jakarta: Erlangga Ester Juliana. 

Penentuan Kadar Vitamin C Pada Buah Naga . http://mutiaralib.webs.com/documents/0805015.pdf . 2011. Diakses pada tanggal 25 April 2014 pukul 16.10 WIB. 

Rahma G.M . Iodometri dan Iodimetri . http://rgmaisyah.files.wordpress.com/2011/04/iodi-iodometri.pdf . Diakses pada tanggal 25 April 2014 pukul 20.00 WIB. 

Svehla.G. 1985. Analisis Anorganik Kualitatif Makro dan Semimikro Edisi Kelima. Jakarta: PT. Kalman Media Pustaka.

0 komentar:

Posting Komentar

sealkazzsoftware.blogspot.com resepkuekeringku.com