Rabu, 24 Desember 2014

Teknik Pada Penyuntikan Ikan

Bagi para pembudidaya ikan terutama para pembenih ikan, kegiatanmelakukan penyuntikan sudah mereka kenal sejak lama. Terlebih jika anda seorang praktisi budidaya, anda pastinya lebih mengetahui lagi kegunaan dan berbagai macam tujuan dalam penyuntikan pada ikan antara lain untuk merangsang pemijahan ikan, pengobatan pada ikan yang sakit, pengambilan darahikan dan memasukkan benda tertentu untuk melacak pergerakan ikan. yang menyatakan bahwa sebenarnya penyuntikan pada ikan ada berbagai cara sesuai dengan beberapa tujuan yang tersebut diatas, berikutmerupakan cara atau metode dalam penyuntikan pada ikan antara lain:

1. Penyuntikan Secara Intramuscular
Penyuntikan dengan cara ini lebih dikenal dengan penyuntikan pada punggung karena memang cara melakukannya yaitu menyuntik pada tubuh ikantepat pada bawah sirip punggungnya. Cara penyuntikan ini lebih sering digunakanoleh para petani terlebih kepada orang yang baru belajar menyuntik ikan. Hal inimerupakan metoda yang paling aman bagi ikan yang disuntik sehingga bagi para pemula tidak perlu terlalu khawatir akan terjadinya infeksi pasca penyuntikan.Tetapi tetap saja harus dilakukan secara hati-hati terutama jika dilakukan padaikan yang berukuran kecil. Penyuntikan secara Intramuskular biasanya lebih disukai karena selalu konstan menyalurkan hormone menuju organ target.Penyuntikan secara intramuscular hendaknya bertempat pada otot daging yang paling tebal di bagian punggung ikan.
Gambar 1. Penyuntikan Intramuscular
IM.gif (320×139)

2. Penyuntikan Secara Intraperitoneal
Penyuntikan dengan cara ini dilakukan dengan menyuntik ikan pada bagianrongga perut. Sasaran utama dari penyuntikan dengan metode ini yaitu gonadikan. Namun penyuntikan ini memiliki kelemahan yakni jika dilakukan oleh orangyang masih awam dikhawatirkan akan mengenai organ dalam pada tubuh ikanseperti usus, sehingga akan menyebabkan ikan stress bahkan kematian pada ikanyang disuntik.

Gambar 2. Penyuntikan Intraperitonial.
IM.gif (320×139)
3. Penyuntikan Secara Intracranial
Penyuntikan ini dilakukan pada rongga otak. Karenanya perlu dilakukandengan cara yang sangat hati-hati, bila tidak maka ikan akan mati. Hal ini biasadilakukan pada ikan yang memiliki rangka kepala yang lunak sehinggamemudahkan untuk melakukan penyuntikan. Walaupun demikian metoda inisangat tidak dianjurkan karena tetap memiliki resiko yang besar bagi ikan yangdisuntik.

4. Penyuntikan Intravena
Cara yang satu ini lebih jarang dilakukan karena ikan disuntik pada bagian pangkal ekor. Umumnya metode ini dilakukan untuk mengambil sampel darahikan. Pada pembenihan ikan penyuntikan dengan metoda ini juga sangatmemungkinkan untuk dilakukan serta resiko yang mungkin akan terjadi pada ikansangat kecil bagi ikan yang memiliki bobot diatas 500 gr. Tetapi sangat rentanterjadinya infeksi pada ikan yang berukuran lebih kecil dari 300 gr pasca penyuntikan.16

Penyuntikan pada ikan umumnya dilakukan karena beberapa hal, sepertiuntuk mempengaruhi kerja hormonal tubuh ikan agar lebih cepat matang gonadatau ovulasi, penyuntikan untuk pencegahan maupun pengobatan suatu penyakit,atau pun tujuan-tujuan lainnya. Yang perlu diperhatikan dalam penyuntikanadalah ukuran ikan yang akan disuntik, jenis ikan (hias/ konsumsi), ukuran alatsuntik (syringe), dan jumlah cairan yang akan disuntikkan.Tahapan terakhir setelah penyuntikan yaitu cara penanganan ikan pasca penyuntikan. Ikan yang disuntik tentunya akan mengalami stress akibat perlakuan penyuntikan yang diberikan pada ikan. Karenannya perlakuan penanganansesudahnya perlu dipersiapkan dan dilakukan dengan hati-hati agar ikan cepatkembali normal.

1 komentar:

  1. Gan ko ikan sya abis di suntik hormon ko ga mao makan yah Dan sampai brpa hari kira kira...

    BalasHapus

sealkazzsoftware.blogspot.com resepkuekeringku.com