Rabu, 28 Januari 2015

Kenapa Pengukuran BOD sampai 5 hari ?

Kenapa Pengukuran BOD sampai 5 hari atau BOD5 kenapa nggak 3 hari atau 15 hari? sebuah pertanyaan menarik dalam kasus kandunggan bahan organik diperairan.

Menurut sebuah study dari buku penanganan limbah lingkungan yang pernah saya baca, pengukuran BOD tujuannya untuk kita mengetahui kemampuan mikroba dalam mengurai bahan organik di perairan, caranya dengan memasukan air sample kedalam botol gelap dan di beri gula dan ditutup rapat dan di simpan selama 5 hari dalam ruangan yang gelap tujuannya agar tidak terjadi fotosintesis dalam boltol tersebut baik oleh zooplankton ataupun bakteri , hal tersebut dapat mempengaruhi hasil pengukuran kandungan oksigen di perairan. trus kenapa uji BOD dilakukan sampai hari ke 5 karena diperkirakan bahwa kandungan bahan organik di dalam sample telah di rombak oleh mikroba sekitar 60-70% dan sarat ini telah terpenuhi untuk kita melakukan titrasi.

jadi pengukuran BOD sudah bisa dilakukan saat kandungan bahan organik pada sample sudah dirombak diatas 60%. tujuan uji ini adalah untuk mengetahui kemampuan mikroba dalam merombak bahan organik dengan kita mengetahui berapa kemampuan mikroba dalam merombak bahan organik kita bisa mengetahui berapa kandungan oksigen bebas di perairan.



0 komentar:

Posting Komentar

sealkazzsoftware.blogspot.com resepkuekeringku.com