Minggu, 08 Februari 2015

Vitamin C


Vitamin C (asam askorbat)
merupakan nutrisi penting. Vitamin C adalah salah satu jenis vitamin yang sangat dibutuhkan tubuh manusia untuk menangkal berbagai penyakit.

Vitamin C merupakan vitamin yang larut dalam air yang mendukung pertumbuhan dan perkembangan normal. Vitamin C juga membantu tubuh Anda menyerap zat besi. Karena tubuh Anda tidak memproduksi atau menyimpan vitamin C.

Bagi kebanyakan orang, sebuah jeruk besar atau cangkir stroberi, paprika merah cincang atau brokoli memberikan cukup vitamin C untuk hari. Setiap vitamin C ekstra hanya akan memerah keluar dari tubuh Anda dalam urin Anda.

Kebutuhan vitamin C setiap orang berbeda-beda, tergantung jenis kelamin dan usia. Dalam kondisi normal, setiap hari kita membutuhkan vitamin C sekitar 45 mg. Bagi wanita, ketika mereka hamil dan menyusui, kebutuhannya naik, yakni menjadi 60 mg saat hamil dan 85 mg ketika menyusui dan batas atas adalah 2.000 mg per hari.
Sumber terbaik vitamin C berasal dari buah segar, sayuran dan jus. Selain jeruk, sumber vitamin C juga berasal dari kiwi, stroberi, paprika, apel, mangga, tomat, dan sayuarn brassica seperti brokoli dan kubis.
Selain meningkatkan daya tahan dan kekebalan tubuh, vitamin C juga berguna untuk mempercepat penyembuhan luka sebagai zat antioksidan untuk menyehatkan mata, dan mencegah penyakit alzheimer. Temukan berbagai manfaat lain dari vitamin C, yaitu: 

Membantu Pertumbuhan

Vitamin C dibutuhkan tubuh untuk pertumbuhan dan memperbaiki jaringan seluruh bagian tubuh. Vitamin C digunakan untuk membentuk kolagen, protein untuk pembentukan kulit, tendon, ligamen dan pembuluh darah. Selain itu juga digunakan untuk proses penyembuhan luka, dan perbaikan, serta memelihara tulang dan gigi. 

Mencegah Penuaan dan Memperbaiki Kulit

Vitamin C juga merupakan antioksidan yang sangat efektif untuk melawan radikal bebas. Dalam jumlah kecil, vitamin C dapat melindungi molekul penting dalam tubuh, seperti protein, lipid (lemak), karbohidrat, dan asam nukleat (DNA dan RNA) dari kerusakan yang diakibatkan radikal bebas, racun, ataupun polusi. Radikal bebas adalah salah satu faktor penyebab kerusakan kulit dan penuaan dini. 

Mengurangi Stres

Saat stres, tubuh akan memproduksi radikal bebas dalam jumlah besar dibandingkan biasanya. Vitamin C bertindak sebagai antioksidan kuat yang mampu menangkal radikal bebas dengan efektif. Selain membantu mengurangi stres, vitamin C juga membantu mengembalikan tekanan darah dan kortisol (hormon stres) ke tingkat normal.

Membantu Menurunkan Berat Badan

Penelitian yang dilakukan oleh departemen nutrisi di Arizona State University menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi vitamin C dalam kadar rendah tidak mampu menghilangkan lemak secara efisien dibandingkan dengan orang yang mengonsumsi vitamin C dengan kadar yang mencukupi.

Mencegah Stroke

Walau masih terus dikaji, sebuah studi dalam American Journal of Clinical Nutrition menemukan tubuh yang memiliki kadar vitamin C yang tinggi berisiko 42 persen lebih rendah mengalami stroke dibanding yang kekurangan vitamin C.

Melawan Kanker

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa beberapa wanita yang mengasup banyak vitamin C dari makanan seperti buah-buahan atau sayur (bukan suplemen), memiliki risiko lebih rendah terkena kanker payudara. Bahkan beberapa riset mengindikasikan vitamin C sebagai racun bagi sel-sel kanker tertentu.

Melindungi Jantung

Sebuah  penelitian terbaru menyebutkan konsumsi 300 miligram vitamin C sehari dari makanan maupun suplemen mampu menurunkan risiko penyakit jantung.

Influenza

Ketika musim flu sedang tiba, vitamin C bukanlah obat yang manjur. Namun, beberapa riset menunjukkan vitamin C membantu mencegah komplikasi akibat flu, seperti radang paru atau infeksi paru.
Meskipun terlalu banyak makanan vitamin C tidak mungkin berbahaya, dosis tinggi suplemen vitamin C dapat menyebabkan:

  • diare
  • mual
  • muntah
  • mulas
  • Perut kembung dan kram
  • Sakit Kepala
  • Susah Tidur
  • batu ginjal


sumber :


0 komentar:

Posting Komentar

sealkazzsoftware.blogspot.com resepkuekeringku.com